Tuesday, May 23, 2017

Kalimat Penting Dari Dato' Sri Prof. Dr Tahir, MBA


22 Mei 2017 saya mendapatkan kesempatan menghadiri acara d'preneur di The Ice Palace, Lotte Shopping Avenue dengan pembicara Dato' Sri Prof. Dr Tahir, MBA. Acara yang diadakan oleh Detikpreneur tersebut bertema "Berguru Menjadi Entrepreneur".


Pak Tahir menceritakan poin penting "How to become a good Entrepreneur"
  • Ciptakan nilai tambah (Value)
 Masyarakat Indonesia harus bisa berpikir out of the box yaitu mengolah bahan baku menjadi sebuah benda yang bernilai mahal, contohnya ketika banyak orang menggunakan kayu untuk membangun rumah ada orang lain yang kreatif mengubah kayu menjadi sebuah karya seni yang memiliki nilai jual tinggi.

  • Bermanfaat untuk banyak orang
Berbisnis bukan semata-mata mencari keuntungan, hal terbaik dalam bisnis adalah ketika kita berhasil menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

  • Manusia terbagi menjadi 4 golongan
  1. Bekerja berdasarkan hobi
Menurut pak Tahir bekerja berdasarkan hobi atau passion itu kurang tepat karena akan membuat kita berada di zona nyaman dan sulit berkembang

      2. Bekerja karena tanggung jawab

Bekerja karena tanggung jawab adalah tingkatan kedua setelah lepas dari cengkraman bekerja berdasarkan hobi, kita harus dapat menjadi sesuatu bagi orang lain. Pak Tahir berkata "Don't be yourself, be somebody else". 

      3. Leader

Tingkatan ketiga setelah berhasil berada di puncak suatu organisasi atau perusahaan.


      4. Visionary
"Visionary can change the world", kalimat pertama yang dikatakan pak Tahir saat membahas tingkatan manusia Visionary, menurut beliau Visionary adalah tipe manusia yang dapat berpikir jauh ke depan serta memanfaatkan peluang.
 
Menurut pak Tahir Visionary dapat muncul karena when others don't care but you care sehingga masalah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi peluang. Selain itu pak Tahir juga percaya istilah "To give is to gain" yang berarti jika kita ikhlas dalam memberi maka akan diberikan balasan yang setimpal dari Tuhan.

Pak Tahir bercerita pengalaman awal merintis bisnis adalah dengan membeli pakaian dari Singapore lalu menjualnya di Indonesia, bermodalkan Rp 700.000 dari orang tua nya. Kurang lebih 3 tahun pak Tahir menjalankan bisnis tersebut.

Pak Tahir berbagi cara agar kita bisa hidup dengan tenang, diantaranya:
  • Tidak terganggu usia 
  • Tidak terganggu kaya / miskin
  • Tidak terganggu penilaian orang

Terakhir pak Tahir berbagi kunci utama untuk mencapai kesuksesan yaitu:
  • Jujur
  • Kerja Keras
  • Dapat Dipercaya Orang Lain

No comments:

Post a Comment