Sunday, August 4, 2013

REVIEW: MEIS, Tempat Penuh Kenangan Penikmat Idol


Sejak dibuka pada tahun 2012 Mata Elang International Stadium atau yang sering kita singkat menjadi MEIS sudah menjadi salah satu tempat untuk melakukan Idoling, terhitung sudah puluhan Idol pernah tampil menghibur fans nya di tempat ini. Kuota 8.000-10.000 menjadi pilihan yang pas bagi promotor untuk menggelar acaranya di tempat ini khusus nya event Kpop. Karena masih banyak yang bertanya-tanya "Seperti apa sih MEIS?" dan yang paling lumrah atau biasa ditanyakan adalah "Enaknya nonton dibagian mana ya?", saya akan coba memberikan review berdasarkan Seating Plan konser Super Show 5 yang beberapa bulan lalu baru saja sukses digelar di MEIS.


MEIS adalah sebuah Mall di pantai ancol kalian bisa menuju kesana menggunakan bus wara-wiri arah wisata barat. Terdapat banyak restoran (yaiyalah mall pasti banyak restoran), Toilet, Parkir Motor & Mobil, Wisata Pantai (untuk ini tidak saya rekomendasikan karena pantainya kotor banyak limbah). Untuk memasuki area konser saat ini sudah tersedia eskalator di dalam mall dan elevator untuk yang menggunakan kursi roda.

REVIEW Seating Plan
Bronze (Tribune)
Kategori yang biasanya dipasang harga termurah oleh promotor karena jarak tempat ini ke panggung sangat jauh ditambah posisi nya yang menyamping akan membuat kita kesulitan melihat apalagi diberikan fan service oleh Idol, mungkin kalian harus membawa teropong untuk melihat Idol lebih jelas. Keuntungan dari tempat ini adalah sangat cocok untuk yang ber-budget minimalis atau hanya sekedar ingin menikmati konser yang bukan Idolanya

View dari Kategori Bronze Right saat GD World Tour JKT cr: @SATRIAINIBOUUSS

Silver (Tribune)
Sama seperti Bronze kategori ini sangat jauh dari stage dan biasanya promotor mematok harga untuk kategori ini lebih mahal dari Bronze apa mungkin karena posisi nya ditengah? ketika SS5 gw dapet kesempatan untuk nyobain kategori ini, apa yang terjadi? sang artis selalu berjalan ketengah panggung tepatnya di depan VIP penonton di kategori depan Silver semuanya berdiri alhasil teman gw berdiri di kursi agar sang Idol terlihat tetapi hasilnya 0 besar karena kami tetap hanya bisa menikmati sang Idol lewat 2 layar besar di samping stage.


Gold Right & Left (Tribune)
Kategori yang biasa nya lebih murah 'sedikit' dari festival ini menjadi salah satu pilihan yang sangat cocok untuk teman-teman yang ingin menikmati konser dengan santai. Kelebihan dari kategori ini adalah jarak nya cukup dekat dengan panggung dan biasanya promotor sudah membeirkan nomor kursi jadi kalian tidak perlu antri sejak pagi untuk mendapatkan PW alias Posisi Wenak. Kekurangan dari kategori ini adalah posisi nya yang menyamping jadi kemungkinan untuk kalian mendapatkan fanservice cukup kecil.


Gold Center (Tribune)
Harga pasti nya sama dengan Gold Right & Left tapi menurut saya untuk kategori ini terlalu banyak kekurangan jika dibandingkan dengan bagian Right & Left, selain posisinya dibelakang VIP pastinya kesempatan untuk mendapat fanservice sangatlah kecil. "Tapi kok harganya sama dengan yang bagian Right & Left?", mungkin karena mindset promotor posisi tengah itu bisa lebih nyaman melihat Idol, padahal kenyataan nya karena posisi ini dibelakang VIP jadi terasa jauh dimata dekat di hati.


Festival (Standing)
Untuk kategori ini sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang lebar yah, intinya ini adalah kategori yang paling diminati oleh semua orang walaupun untuk harga relatif mahal banyak kelebihan yang akan kita dapatkan ketika memilih untuk menonton dari kategori ini, jarak yang sangat dekat dengan Idol ditambah panggung yang tidak terlalu tinggi menjadi kelebihan utama dari kategori ini. Kekurangan dari kategori ini adalah kalian diharuskan mengantri (mungkin) sejak pagi agar dapat posisi menempel pagar pembatas panggung dan fisik kalian harus kuat karena kalau tidak kuat bisa rugi. Fanservice yang biasa diberikan Idol untuk penonton di kategori ini bermacam-macam mulai dari lambaian tangan, menandatangi album, menerima hadiah yang kalian lempar ke panggung dll pokoknya banyak banget....


VIP
VIP lt.1, Ketika SS5 hanya ada VIP lt.2 karena lt.1 jadi FOH
Kategori dengan harga termahal karena posisinya berada di tengah dan tepat di depan stage menjadi pilihan yang tepat bagi fans yang memiliki budget lebih, keuntungan lainnya adalah kemungkinan mendapat fanservice lebih besar apalagi jika mendapat row depan karena biasanya Idol pasti mengerti kalau yang membeli kategori tersebut pasti sudah mengeluarkan uang banyak untuk melihat mereka. Kekurangan kategori ini adalah tidak bisa mendapat fasilitas maksimal ketika membeli kategori festival karena Idol hanya akan melambaikan tangan dan jika beruntung mereka akan memberikan flying kiss ke kalian lalu kalian tewas di tempat deh.


Sepertinya tidak perlu saya kasih tau kalian harus menonton dimana, kalian hanya tinggal membaca review diatas dan memilih kategori mana yang cocok dengan hati dan pastinya kantong kalian. Terima kasih sudah membaca review MEIS di Blog ini dan salam Idoling ^^

19 comments:

  1. thanks untuk blognya mas azis.. semoga kita bisa ketemu 14 sept bsok haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga menemukan pilihan yang tepat ......

      Delete
  2. kekurangan VIP apaan mas? gak begitu jelas tadi kalimatnya hehee...ama kira2 kuota VIP itu berapa kursi ya? lalu saya cowok tingginya 180cm (ini nulis pake akun temen cewek saya) dan apakah saya cukup etis jika saya beli yg standing/festival karena umumnya pasti ntar yang dateng cewek2 yg umumnya juga berpostur lebih pendek daripada saya dan takutnya saya malah menghalangi pandangan mereka..hahaa saya hanya ingin membuat orang lain nyaman melihat konser juga toh mereka juga sama2 SONE dan juga sama2 bayar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota saya kurang tau, etis kok klo kamu nonton di festival untuk masalah orang yg lebih pendek itu tergantung sikap gentleman ente aja, klo ente merasa menghalangi bisa memposisikan si cewe di depan kamu

      Delete
  3. Kak bagi tips dong gimana caranya dapet numbered seat PALING DEPAN (buat yang tribune/vip)

    ReplyDelete
  4. Festival (Standing) desak-desakan gak? Doa-in saya nonton Soshi tanggal 14 September nanti ya :D

    ReplyDelete
  5. SS5JKT sucks,i must say. Dari semua venue SS5 pernah digelar di negara lain, MEIS yang paling bikin kecewa.Saya terpaksa nonton SS5JKT di section Gold Centre krn kehabisan VIP. Pikiran saya waktu itu,kalo dilihat dari seat plannya Gold Centre ini at least dibelakang VIP. Which is ternyata kejadian sebenarnya adalah DIBELAKANG SAMPING KANAN VIP. Jangan harap bisa lihat member SJ langsung.Ini berasa nonton layar tancep saja.

    Saran aja sih buat yg pengen nonton SNSD, kalo seatplannya mirip SS5,mending beli VIP aja. Paling apes ambil Gold Right/Left.Paling tidak masih bisa lihat idola kamu mondar mandir di stage kiri kanan. Supaya gak kehabisan tiket VIP, begitu online buka langsung beli aja. Makanya dari sekarang kuatkan hati dan tebalkan dompet biar gak kaget lihat harganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan Gold / Silver Center itu posisinya malah jadi jauh mending ambil yang left & right :)

      Delete
  6. kalo konser GG ada sejarahnya ga penonton kategori festival dapet fan service berupa tanda tangan album kaya yang disebut di atas?
    makasih ya... ancang2 buat bulan depan nih. pink FTW!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beruntung yah dapet, untuk caranya ente follow atau buka ask.fm saya :p

      Delete
  7. yess,,pglman ntn ss5 kmren.. Gold kanan-kiri de best la yah.. semua sudut dr meis kelitan dr section ini. ^^ VIP tuk ss5 kmren de best jg karena mmg stage tengahnya mmg d'khusus'kan buat seat vip ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, harga gk bisa bohong apalagi Idol nya kedepan VIP terus :)

      Delete
  8. Zis beneran kalo mau dapet yg paling depan di numbered seat, harus cepet2 dapet tiketnya?

    ReplyDelete
  9. Zis, nanya2 dong. Berhubung budget ga cukup buat fest, pgn tau viewnya better dr left ato right ya? Thanks~

    ReplyDelete
  10. ehm.. gw setuju.. buat sekedar saran aja nih gw dr pnglman gw nyobain MEIS (?)ketika gw milih section seating ya..
    pas Big Bang "Alive Tour" gw nyoba di gold center. asli gak keliatan tuh idol gw'a padahal posisi gw udh seat paling depan. dan gw pun nekat naik di kursi tetep apes gak keliatan kecuali idol nya di main stage ujung. sisanya lo alamat liat screen deh. jangan ngarep keliatan tuh idol pas dadah2 ke penonton.
    trus perhatikan aja yg punya postur tubuh tidak memadai alias ga tinggi *mian* lo mending klo di standing jangan paling depan gapapa. cz bakal gak keliatan. mending di belakang aja. kaisan nanti kepanasan loh. serius. ini pengalaman gw pas SS5JKT gw tadinya didepan barricade eh entah mengapa malah digeser2 sama fansnya kalo gak lo alamat gencet2an deh. alhasil tiba2 gw jd kebawa mundur. emang org yg dizalimi tuh banyak di berkahnya entar. ternyata view gw buat liat SJ makin keliatan. ketimbang di depan tadi numpuk sama ELF lainnya. udah gt asyiknya kita bisa jalan2 gt.. gw aja stay di samping, bawah VIP pokoknya enjoy deh.. trus buat moto mereka bisaa banget.. heheh...
    sebenernya proses pemilihan sections sih duit yang bertindak. ya secukup bugdet kalian aja.
    klo menurut gw sih sbgi advice ya pilih menyamping aja deh.
    tapi kok gw heran sama MEIS ya seats nya kok gak menajak gitu. malah mendatar gitu deh. harusnya kayak istora sih bangkunya makin lama makin naik tinggi bgd jd keliatan semua ya.
    gw pngen nyoba tribun ki/ka deh zis, keliatan kagak sih idolnya >_< *ngeri cuma liat ubun2nya mereka dah

    ReplyDelete
  11. Admin, di konser SNSD, mending ambil di Green A/B/C? Sdh liat seat plannya?

    ReplyDelete