Tuesday, July 16, 2013

Kisah Entrepreneur dibawah Umur


Ini adalah artikel yang sudah pernah saya posting ketika mengikuti Thread Competition di Kaskus, alhamdulillah berkat artikel ini juga saya semakin termotivasi untuk menekuni dunia wirausaha dan berhasil mendapatkan Samsung Galaxy Wonder dari Kaskus. Terima Kasih Kaskus

Sebelumnya saya ingin memperkanalkan diri terlebih dulu,nama saya "Rahmat Ali Azis" dilahirkan disalah satu rumah sakit di Jakarta pada bulan Desember 1995, saya terlahir di keluarga yang bisa dibilang sederhana.


Sekitar tahun 2011 saya berpikir untuk berdagang di FJB Kaskus,tapi karena saya belum punya rekening saya berpikir bagaimana caranya memiliki rekening,suatu hari terjadilah percakapan saya dengan orang tua saya 
A : Ane
B : Bapak
M : Mamah

A : Pak minjem rekening BCA nya dong azis mau jualan
B : Rekening bapak gak boleh di otak atik 
A : (ane hanya terdiam,dan kali ini ane bertanya ke ibu ane) Mah minjem modal Rp 500.000,- untuk buka rekening 
B : Mamah gak ada uang zis ( sebenernya ada nih )

Setelah percakapan tersebut ane tidak putus asa bagaimana caranya agar bisa membuka rekening,saat saya melihat lihat di sub forum FJB Makanan & Minuman,saya melihat lapak yang menjual Pizza Mini,saya hubungi no yang ada di thread dan saya bertanya bagaimana untuk menjadi reseller & lokasi seller
kembali terjadi percakapan

A : Ane
S : Seller Pizza Mini

A : Halo bapak yang jual Pizza mini ? 
S : Iya ada apa ya pak ? (ane dipanggil bapak cuy  )
A : Saya ingin menjadi reseller pizza mini pak,minimal ambil berapa yah ? 
S : Minimal ambil 3 box / 120 pcs Pizza pak,harga 1 box nya itu Rp 24.000,- 
A : Ohh,untuk lokasi bapak dimana ? atau bisa dianter ke tempat saya ? 
S : Lokasi saya di pamulang,dekat universitas terbuka,bapak dateng ketempat saya yah,untuk diantar minimal order 100 box 

Saya disini kaget karena tidak tau daerah pamulang & tidak mungkin order 100 box karena keterbatasan modal,akhirnya ane putuskan untuk ambil sendiri ke tempat seller di Pamulan yang hanya bermodalkan uang 100 ribu & google maps sebelum berangkat ke TKP Seller 
Beruntung teman ada yang kampungnya di ciputat,ane bisa bertanya bagaimana cara menuju kesana 
Hari senin setelah saya pulang sekolah sekitar pukul 14.30 saya langsung menuju ke tempat seller 
Perjalanan ke tempat seller membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam pulang pergi :nohope:
karena saya belum memiliki rekening saya berjualan offline di sekolah,alhamdulillah prospek nya bagus pizza mini ini 
saya mendapat banyak julukan di sekolah mulai dari "Tukang Pizza","Bayi Pizza" dll, tapi semua julukan itu tidak membuat saya malu walaupun ada sedikit rasa gengsi ketika menawarkan dagangan saya,tetapi saya terus melanjutkan berdagang sampai membawa box pizza ke ruang guru 
Setiap hari sekolah saya harus pulang pergi jakarta-pamulang tidak terbayangkan bagaimana melelahkannya aktivitas tersebut,setelah kurang lebih 2 minggu saya berjualan pizza tabungan sudah terkumpul kurang lebih Rp 500.000,- saya memutuskan untuk membuka rekening B*A 


Kali ini saya akan menceritakan bagaimana sulitnya saya membuat rekening karena saat itu usia saya masih 15 Tahun :D
Sekitar pulang sekolah sekitar pukul 14.30 WIB saya menuju KCP B*A yang berada di daerah tomang,terjadilah percakapan saya dengan Duty Officer

A : Ane
D : Duty Officer

D : Ada yang bisa saya bantu dek ? 
A : Saya mau membuat rekening mba 
D : Persyaratannya sudah dibawa (ane bingung nih,ane cuman bawa KTP*Kartu Pelajar :ngakaks *)
A : yaudah adek duduk dulu disini yah,tunggu antrian 

Nomor antrian ane pun dipanggil,saat ane di meja CS kembali terjadi percakapan

A : Ane
C : CS Bank

C : Ada yang bisa saya bantu dek ? 
A : Saya mau buka rekening mas 
C : Boleh saya tau umur adek berapa ? 
A : 15 Tahun mas,saya buka rekening karena ingin jualan online 
C : Adek harus mengisi surat izin dari orang tua & bersama orang tua untuk buat rekening karena adek masih dibawah umur 
Ane langsung pulang & memberikan surat izin kepada mamah ane untuk diisi,dan mengajak mamah ane ke bank untuk membuat rekening keesokan harinya 

skip skip ke cerita setelah ane memiliki rekening

ceritanye ane udah punya rekening nih gan,ane masih jualan pizza mini tapi udah bisa online sekarang 
sekarang ane kembali berpikir untuk mulai dagang apalagi dengan modal Rp 500.000,- karena prospek pizza mini sudah mulai menurun,dan ane pun capek setiap hari harus PP Jakarta-Pamulang 
ane memutuskan menjadi reseller perusahaan equip game terbesar se indonesia prospek & keuntungan lumayan ketika ane berdagang seperti ini,mungkin karena terbatas modal & persaingan ane tewas dalam usaha ini,usaha ane selanjutnya adalah menjual Voucher game,setelah ane pikir ternyata keuntungan dari penjualan vocer tidak bisa dijadikan usaha tetap 

Karena ane eksis & menggeluti salah satu game FPS Terbesar di indonesia ane memberanikan membuka jasa GB/Leveling 
mulai dari 1 pelanggan dan ane mendapatkan big boss yang memberikan ane project senilai jutaan 
ane mulai melakukan kewajiban ane setiap malam sabtu-malam minggu 
karena ini sistem jasa ane tidak terlalu membutuhkan modal yang besar,ane hanya menunggu dana transferan dari pembeli jasa 
karena project jutaan ini ane pernah tidak tidur 2 hari 
karena saya rasa saya tidak sanggup menjalani kewajiban ini sendiri,saya meminta bantuan "bocah warnet" untuk membantu saya,tentu dengan bayaran 
Dari jasa GB ini saya bisa meraup keuntungan Rp 500.000,- perhari 

teman teman saya di game ini pun banyak yang membuka jasa GB,mereka mencari pelanggan dengan tekhnik "PERANG HARGA" otomatis banyak yang lebih memilih menggunakan jasa dia 

setelah sekian lama ane tidak ada pelanggan,ane memutuskan menutup jasa ini 
hari demi hari tidak ada pemasukan ke rekening ane sedangkan pengeluaran terus saja terjadi 
akhirnya ane memutuskan berdagang keripik pisang mr monkey 
ane berdagang ini tidak terlalu lama,sekitar 2-3 bulan saja 
saya pikir bisnis keripik hanya musiman saja tidak bisa dijadikan bisnis tetap 

Saya juga pernah berjualan "BLACKBERRY" dengan modal hasil kerja keras ane sebelumnya yang tidak seberapa ane memberanikan berjualan barang tersebut,alhamdulillah prospek nya bagus walaupun banyak masalah dengan produk yang saya jual,tetapi customer mencoba mengerti & dari pihak distributor yang juga melakukan kewajibannya 

Saya tidak pernah berpikir akan memiliki tabungan seperti sekarang ini karena dulu hanya memulai bisnis dengan modal Rp 100.000,- 

Tips & Trik Berwirausaha

1.Fast Respond: Konsumen / customer akan merasa nyaman berbelanja dengan kita bila kita menerapkan prinsip Fast Respond
2.Service: Jika kita menjual jasa/barang kita harus memberikan pelayanan yang bisa membuat customer kita nyaman berbelanja di kita 
3.Charity: Jangan takut untuk bersedekah,bersedekah itu memancing rezeki

Hal-hal unik yang ane alami ketika bertransaksi
1.Karena suara ane masih lembut,saat di telepon ane sering dikira ibu ibu / cewe
2.Setiap Customer/Reseller yang bertemu dengan ane kaget dengan usia & postur tubuh ane (tinggi ane hanya 160 + gan )
3.Customer & karwayan JNE (kebetulan ane sering kirim barang di JNE ) banyak yang mengira ane suruhan bos / bukan ane yang menjual produk tersebut 
4.Sering dipanggil "BAPAK" gan padahal kan ane masih ABG 
5.Ane sering dipandang sebelah mata gan 

Ane ada 1 kata Motivasi untuk agan/aganwati yang mau mulai membuka usaha
"ACTION"
ane seorang remaja dengan umur 16 tahun saja bisa membuka usaha sendiri,kenapa anda tidak ??? (jangan tanya ane kenapa)


Pertengahan 2012 tepatnya pada bulan Juni saya memberanikan diri untuk membuat akun twitter yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh pecinta Kpop di Indonesia kalau akan ada Event Kpop yang sangat besar yaitu SMTOWN Live World Tour Jakarta, kalian pasti sudah tau akun tersebut, yup benar akun itu adalah @SMTOWN_JKT.

Awalnya banyak yang meragukan akun tersebut karena kpopers di Indonesia tidak yakin Jakarta bisa disandingkan dengan beberapa kota lain yang sudah berhasil didatangi SMTOWN Live World Tour seperti Seoul, Paris, Tokyo & LA. Seiring berjalan nya waktu rumor tersebut semakin berhembus kencang sampai ke telinga kpopers di seluruh Indonesia, sampai pada tanggal 17 Juli 2012 pihak promotor mengeluarkan official announcement & press release untuk event tersebut. Event tersebut sukses dilaksanakan pada tanggal 22 September 2012 di venue yang sangat besar yaitu Stadium Utama Gelora Bung Karno. Setelah event tersebut kurang lebih 2000 orang memilih untuk unfollow akun @SMTOWN_JKT , tidak menyerah begitu saja saya tetap memberikan info-info tentang artis SM lewat akun tersebut walaupun cenderung ke info konser daripada info sang artis.

Akhir Desember 2012 saya bersama teman-teman membuat  salah satu media yang dapat dipercaya untuk memberikan info-info seputar event kpop yang akan diselenggarakan di Indonesia yaitu Korean Concert Media, dan pada bulan Juli 2013 kami membuat portal berita kpop di Indonesia yang kami beri nama Info Kpop bertujuan untuk tetap menyebarluaskan Hallyu Wave di Indonesia mulai dari Musik, Drama sampai Kebudayaan.

No comments:

Post a Comment